Tuesday 7 June 2011

Lumba - lumba Berwarna Pink yang Tertangkap Kamera

Seekor lumba-lumba hidung botol nan langka berwarna pink berhasil diabadikan kamera saat tengah berenang di sebuah danau di Louisiana. Demikian yang diberitakan Daily Mail, Selasa (3/3).

Mamalia langka ini berhasil diabadikan oleh seorang kapten kapal boat lokal Erik Rue (42 tahun) yang tengah mempelajari lumba-lumba itu sejak pemunculan pertamanya di Danau Calcasieu, sebuah danau penangkaran air asin di bagian utara Teluk Mexico, Amerika.

Saat itu, Rue melihat lumba-lumba pink bermata kemerah-merahan itu tengah berenang bersama empat ekor lumba-lumba lainnya yang diyakini salah seekor adalah induknya sebab dia kerap berada di sebelah induknya.

Lumba-lumba albino yang langka ini cukup memukau para pengunjung di Danau Calcasieu persisnya di Louisiana itu. "Saya kebetulan melihat segerombolan lumba-lumba tengah berenang dan ketika saya perhatikan ada seekor dari mereka yang menyolok dengan warna pink cerah," kata Rue.

"Lumba-lumba pink itu sepertinya dalam keadaan sehat dan normal selain warnanya yang kemilauan itu," tambahnya. Tubuh mamalia ini seutuhnya dibaluti warna pink mulai dari ujung ekor hingga matanya yang juga kemerah-merahan dan jelas menunjukkan kealbinoan pada diri hewan ini. Rue mengaku sering melihat lumba-lumba albino sekitar 40 hingga 50 kali.

Mamalia langka ini diduga satu-satunya ikan lumba-lumba hidung botol yang bewarna pink di dunia. Rue menambahkan, "Saya merasa beruntung bekerja di kawasan air ini khususnya setelah melihat dan mengabadikan hewan luar biasa ini."

Regina Asmutis-Silvia, pakar biologi senior di Whale and Dolphin Conservation Society menyebut hewan ini benar-benar indah. "Saya belum pernah melihat seekor lumba-lumba yang bewarna pink seperti ini sepanjang karir saya," kagumnya.

"Meskipun warna mamalia itu pink, ia termasuk hewan albino. Kita bisa melihatnya dari matanya yang bewarna pink. Ciri-ciri Albino dipengaruhi faktor keturunan genetik dan masih belum jelas jenis kealbinoan mana yang diwarisi hewan itu. Namun yang pasti, lumba-lumba itu sangat indah. Saya sarankan warga agar mengamatinya dari kejauhan dan jangan mengejarnya," ujar Regina.





No comments:

Post a Comment